Translate

Sabtu, 02 Maret 2013

ASAL USUL AMERIKA


Anda punya pertanyaan ini:

Kenapa disebut Amerika?
Siapa yang pantas menamainya: Amerigo Vespucci atau Columbus?
Siapa yang lebih dulu datang ke Amerika: Amerigo Vespucci atau Columbus

Jika ya, sebaiknya anda baca postingan singkat berikut ini.

Asal Usul Nama Benua Amerika


Seperti yang kita pelajari di sejarah, nama Benua Amerika diambil dari nama seorang pelaut terkenal bernama Amerigo Vespucci. Namun, ada cerita yang menarik di nama Amerika. Kenapa  dinamakan dengan nama Amerigo Vespucci dan bukannya dengan nama orang yang diyakini sebagai penemu pertamanya yaitu Christoper Columbus?

Vespucci adalah seorang navigator yang melakukan perjalanan ke "dunia baru" pada tahun 1499 dan 1502. Sebagai seseorang dengan pendidikan yang baik, ia menyadari bahwa dunia baru ini bukanlah bagian dari Asia, seperti yang orang-orang kira pada masa itu. Ia pun lalu menyebut menyebut tanah ini sebagai "Novus Mundus" (Bahasa Latin untuk "Dunia Baru").


Vespucci menulis tentang perjalanannya dan buku-bukunya akhirnya diterbitkan pada tahun 1502 dan 1504. Tulisan Vespucci, selain ilmiah, namun mengandung unsur hiburan. Karena itu tak heran permintaan akan buku ini sangat tinggi sehingga diterbitkan ulang di hampir setiap bahasa Eropa.

Pada tahun 1507, seorang pembuat peta asal Jerman bernama Martin Waldseemüller, memilih untuk membuat peta baru yang juga mencakup dunia baru. Berkat catatan perjalanan Vespucci yang terbit hampir di setiap negara Eropa, ia dan dua mitranya tahu tentang perjalanan Vespucci. Namun ia sama sekali tidak mengetahui bahwa Columbus telah melakukan ekspedisi ke dunia baru sebelum ekspedisi Vespucci. Kemungkinan hal ini karena catatan perjalanan Columbus tidak ada yang diterbitkan.

Dalam tulisannya, Waldseemüller menyatakan: "But now these parts (Europe, Asia and Africa, the three continents of the Ptolemaic geography) have been extensively explored and a fourth part has been discovered by Americus Vespuccius (the Latin form of Vespucci’s name), I do not see what right any one would have to object to calling this part after Americus, who discovered it and who is a man of intelligence, and so to name it Amerige, that is, the Land of Americus, or America: since both Europa and Asia got their names from women."

Yang dalam Bahasa Indonesia kurang lebih berarti: "Sekarang bagian-bagian ini (Eropa, Asia dan Afrika, yang merupakan tiga benua geografi Ptolomeus) telah banyak dieksplorasi dan bagian keempat telah ditemukan oleh Americus Vespuccius (bentuk Latin dari nama Vespucci), saya tidak melihat alasan mengapa seseorang harus menolak menyebut bagian ini dengan nama Americus, orang yang menemukannya sekaligus orang yang sangat berpendidikan, atau dengan nama Amerige, yang berarti Tanah Americus, atau Amerika, karena Eropa dan Asia mendapat nama mereka dari nama seorang wanita."

Maka ketika peta baru buatannya diresmikan, Waldseemüller menerakan "AMERIKA" di tempat yang sekarang adalah daerah Brazil. Waldseemüller menggunakan catatan perjalanan Vespucci sebagai referensi untuk membuat peta barunya. Di peta itu hanya ada Amerika Selatan sebagai satu-satunya bagian dari belahan bumi bagian barat yang baru. Ketika Amerika Utara kemudian ditambahkan, pembuat peta pada waktu itu tetap mempertahankan nama aslinya. Pada tahun 1538, seorang ahli geografi terkenal bernama Gerard Mercator memilih untuk menamai seluruh bagian utara dan selatan Amerika sebagai satu nama "Amerika".





Christopher Columbus sebenarnya mungkin punya peluang dimana dunia baru akan dinamakan berdasarkan namanya. Namun karena dua kesalahan yang dibuatnya, benua yang ia temukan justru dinamai dengan nama orang lain.
Kesalahan Columbus:
1.    Columbus tidak mengira tanahyang ditemuinya adala benua baru.
2.    Columbus tidak pernah menulis atau mempublikasikan catatan perjalanannya.

Nah, jika Columbus bisa hidup kembali dan memutar waktu, mungkin nama-nama benua di bumi ini adalah Asia, Eropa, Afrika, Antartika dan.... Columba! Hehe

Masih nanya, kenapa menulis itu penting?
Semoga bermanfaat.

Marisa Wajdi!!!

Mau baca hal lain yang menarik tentang Sejarah Penamaan Amerika?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar